10 Lagu Mudah yang Cocok untuk Belajar Gitar dalam 1 Minggu

Belajar bermain gitar tidak lepas dari memahami lagu-lagu yang diulik dengan baik. Mempelajari lagu mudah untuk belajar gitar lebih disarankan terutama bagi para pemula, baru setelah itu bisa kembangkan. Lalu apa saja lagu mudah yang cocok untuk belajar gitar? Simak pembahasan kali ini.

10 Lagu Mudah untuk Belajar Gitar yang Bisa Dikuasai dalam Seminggu

Sebenarnya sangat banyak lagu sederhana yang layak dipelajari untuk gitaris pemula baik itu dari luar negeri maupun dalam negeri. Saya sebagai mentor gitar, sering mempertimbangkan lagu-lagu yang sederhana terlebih dahulu untuk murid pemula. Dari lagu sederhana tersebut, bisa dipelajari teknik dasar lebih baik, tempo yang tepat dan penguasaan chord dasar.

Kalau sudah menguasai lagu-lagu sederhana, baru bisa dinaikkan levelnya ke lagu yang lebih kompleks. Untuk awal-awal belajar gitar, berikut lagu yang ideal dipelajari dan bisa Anda kuasai dalam seminggu:

1. Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki

Lagu dari Sheila on 7 ini hanya punya dua kunci saja yaitu G dan C. Tapi jika Anda ingin menambahkan variasi, Anda bisa mainkan D pada bagian-bagian tertentu setelah kunci C. Sebagai variasi lain, Anda mainkan G dan Em secara bergantian sehingga menjadi seperti ini:

G – C

Em – C

Lagu ini punya tempo cukup lambat sehingga bisa lebih mudah diikuti dan bagian-bagian lagunya mudah dipahami.

2. Leaving on a Jetplane

Mungkin lebih banyak orang yang mengenal lagu ini versi Chantal Kreviazuk. Sebenarnya penyanyi asli lagu ini adalah John Denver, musisi country & folk rock terkenal. Pada lagu ini, hanya digunakan 3 chord saja.

Dua chord digunakan secara dominan dan satu chord lagi digunakan pada sedikit bagian. Pada versi Chantal Kreviazuk, kunci gitarnya adalah D, G dan A. Sementara versi John Denver, kuncinya G, C dan D.

3. Menghapus Jejakmu

Band Peterpan yang sekarang bernama Noah sering merilis lagu-lagu dengan kunci yang mudah. Salah satu lagu mudah untuk belajar gitar dari Peterpan adalah Menghapus Jejakmu. Pada lagu ini, hanya dibutuhkan 4 chord saja. Anda bisa memainkan lagu Menghapus Jejakmu dengan kunci C, D, Bm dan Em.

4. Viva La Vida

Inilah lagu band Coldplay yang pernah viral pada masanya. Lagu yang bercerita mengenai kisah kerajaan ini ternyata memiliki kunci-kunci lagu yang cukup mudah. Hanya ada 4 kunci utama saja untuk memainkan lagu ini.

Kunci gitar yang digunakan yaitu C, D, G dan Em. Tapi untuk memainkan lagu ini dengan mudah, Anda akan membutuhkan capo. Tempatkan capo gitar di fret 1, untuk mulai memainkan memakai kunci C (jika tidak memakai capo, perlu main dari C#).

5. Janji Suci

Lagu mudah untuk belajar gitar lainnya yaitu Janji Suci. Lagu dari band Yovie & Nuno ini biasa dimainkan untuk momen romantis seperti saat acara pernikahan. Nadanya menyentuh dan liriknya romantis, untuk memainkan lagu romantis ini cukup dengan 3 kunci utama saja.

Sebelum bagian modulasi, kunci gitarnya adalah D, E dan A. Saat bagian modulasi, kuncinya menjadi E, F# dan B atau dengan kata lain naik 1 nada. Jika tidak dimainkan bagian modulasinya, maka lagu ini bisa menjadi lagu yang sangat mudah dimainkan.

6. Perfect

Siapa sangka ternyata lagu romantis terkenal karya Ed Sheeran ini ternyata cukup mudah dimainkan. Pada bagian intro, memang cukup rumit untuk mengikutinya, tapi untuk verse, bridge, hingga reff-nya termasuk mudah dimainkan. Lagu ini menggunakan kunci G, Em, C dan D.

7. Andaikan Kau Datang

Inilah lagu lawas dari band Koes Plus yang menceritakan rasa rindu serta penyesalan meninggalkan sang kekasih. Lagu ini punya kunci yang mudah dan cocok dimainkan gitaris pemula juga. Kunci dasarnya yaitu G, Am, D dan C.

8. You’re Still The One

Lagu legend dari Shania Twain ini juga termasuk lagu mudah untuk belajar gitar. Lagu ini sudah rilis lama yaitu dari 1998 yang menceritakan cinta yang tetap bertahan walau banyak rintangan yang harus dilalui. Memainkan lagu ini cukup mudah dengan chord D, G, A dan Em.

9. Cinta Terbaik

Lagu Cassandra ini termasuk mudah dimainkan tapi Anda akan memerlukan capo agar tidak kesusahan. Aslinya lagu ini dimulai dengan nada G# yang tentunya rumit bagi gitaris pemula. Maka dari itu, Anda perlu capo yang nantinya ditempatkan pada fret 1 agar bisa dimainkan dengan nada awal G.

Intro lagu ini cukup ikonik tapi Anda tidak perlu menguliknya terlebih dahulu. Cukup mainkan verse dan reff saja untuk awal-awal belajar. Secara keseluruhan, lagu ini menggunakan kunci G, C, D, Em, E, Am, B, Bm. Memang cukup banyak kuncinya, tapi jika Anda rutin berlatih, Anda bisa menguasai lagu ini.

10. Saat Kau Tak Di sini

Lagu lawas lain yaitu Saat Kau Tak Di Sini dari Jikustik yang rilis pada 2000 lalu. Sama dengan Cinta Terbaik, lagu ini bisa Anda ulik saat sudah cukup mahir tapi tetap cocok dipelajari pemula. Kunci yang digunakan yaitu Dm, G, C, A, F dan Em.

Itulah beberapa lagu mudah untuk belajar gitar yang bisa Anda pertimbangkan.

Tips Mengulik Lagu Saat Belajar Gitar

Sekarang Anda sudah tahu referensi lagu-lagu yang ideal diulik untuk awal-awal belajar gitar. Agar lebih bersemangat, Anda bisa pilih lagu yang lebih disukai. Kalau Anda suka lagunya, maka pengalaman belajar bisa lebih menyenangkan.

Pertimbangkan juga lagu yang familiar atau yang sudah pernah/sering didengarkan sebelumnya. Itu bisa membuat Anda lebih cepat belajar baik dari segi tempo, strum, pola dan aspek lain sebagainya. Saat memainkan lagu tanpa backing audio, Anda bisa pakai metronom supaya permainan bisa tetap stabil.

Tidak perlu menuntut diri sendiri untuk langsung menguasai lagu, lakukan saja secara perlahan dan bertahap. Jika ada bagian yang lebih mudah, misal Reff, lalu bagian susah misal Bridge, ulik yang mudah terlebih dahulu.

FAQ

  1. Apa lagu gitar yang mudah untuk pemula?
    Lagu yang tidak membutuhkan banyak jenis chord bisa Anda ulik untuk awal-awal belajar gitar. Pastikan lagu tersebut tidak memiliki banyak bagian-bagian yang berbeda dan pergantian kuncinya tidak terlalu cepat.
  2. Apa lagu pertama yang harus saya pelajari di gitar?
    Cukup banyak lagu yang ideal Anda pelajari untuk awal belajar memainkan gitar. Anda bisa pertimbangkan lagu mudah seperti Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki, Janji Suci, Perfect dan banyak lagi.
  3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar gitar?
    Untuk menjadi ahlinya gitar, biasanya butuh waktu 1-2 tahun. Tapi seiring waktu dalam rentang tersebut, Anda bisa menguasai bagian-bagian tertentu dan memainkan lagu yang mudah sampai level intermediate.
  4. Apa pelajaran gitar pertama yang bagus?
    Pelajari setiap dasar bermain gitar seperti kunci-kunci dasar gitar, posisi bermain gitar yang tepat dan teknik dasarnya. Disarankan untuk memulai dengan ulik lagu mudah untuk belajar gitar terlebih dahulu baru kembangkan seiring waktu.